EFEKTIVITAS PERMAINAN KURSI BERPUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN KULINER SMK ISLAM BUSTANUL HIKMAH LAMONGAN TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Abstrak Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang penting pada masa kini karena banyak peluang kerja yang telah diciptakan oleh perusahaan Tiongkok di Indonesia. Oleh karena itu, banyak sekolah termasuk SMK Islam Bustanul Hikmah Lamongan menyediakan pembelajaran bahasa Mandarin kepada peserta didik di sekolah. Namun, pembelajaran tersebut kurang efektif karena kurangnya penggunaan media pembelajaran, sehingga peserta didik merasakan bosan pada saat kegiatan pembelajaran. Hal tersebut rupanya berdampak juga terhadap kemampuan peserta didik dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Untuk menghadapi masalah tersebut, terdapat penelitian ini yang berfungsi untuk menjelaskan bagaimana efektivitas dari permainan Kursi Berputar terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada peserta didik kelas X SMK Islam Bustanul Hikmah Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berjenis true experimental design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat hasil analisis, yang pertama adalah hasil analisis observasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Diketahui hasil analisis observasi aktivitas pendidik pada tatap muka pertama di kelas eksperimen adalah 92,63% dan pada tatap muka kedua naik menjadi 96%. Sedangkan hasil analisis dari observasi aktivitas peserta didik kelas eksperimen pada tatap muka pertama adalah 82% dan pada tatap muka kedua naik menjadi 92,72%. Seluruh persentase hasil analisis observasi pendidik dan peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan hasil persentase 81- 100% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dalam skala Likert. Selanjutnya, terdapat hasil dari analisis nilai pre-test serta post-test kelas eksperimen, dalam hasil tersebut terdapat kenaikan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t-signifikansi yang menghasilkan t0 = 6,41 dan db = 18 yang menghasilkan t-tabel adalah 1,73, dengan begitu pengambilan hipotesis menghasilkan t0 > t-tabel, yakni (6,41 > 1,73). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan Kursi Berputar memiliki efektivitas positif dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada peserta didik. Selain itu, terdapat hasil analisis angket respon peserta didik kelas eksperimen. Dari hasil analisis seluruh butir pernyataan pada angket respon, seluruh hasil persentase butir pernyataan terdapat pada persentase 81-100% yang termasuk kategori “Sangat Baik” pada skala Likert. Hal ini menunjukan bahwa seluruh peserta didik X Jurusan Kuliner SMK Islam Bustanul Hikmah Lamongan merespon dengan baik mengenai penggunaan media permainan Kursi Berputar.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-10-29
How to Cite
Regitha, S. N. A., & Masrur, M. F. (2024). EFEKTIVITAS PERMAINAN KURSI BERPUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN KULINER SMK ISLAM BUSTANUL HIKMAH LAMONGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/64292
Issue
Section
Articles
Abstract views: 138
,
PDF Downloads: 69