Pengembangan Modul Ajar Bahasa Mandarin Kelas XI Materi Arah Jalan Di Sma Semen Gresik

Authors

  • Oky Kusumawardani Sutedjo Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Modul Ajar, Pengembangan Modul Ajar, Bahasa Mandarin, Arah Jalan

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan mendeskripsikan proses pengembangan modul dan mendeskripsikan kelayakan modul ajar bahasa Mandarin. Modul ajar yang dikembangkan yaitu modul bahasa Mandarin kelas XI SMA, dengan tema Arah Jalan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, pada model tersebut melalui lima tahap pengembangan, diantaranya tahap analisis, tahap desain,tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Objek penelitian yang digunakan yaitu modul ajar bahasa Mandarin SMA Semen Gresik dan angket kelayakan modul; subjek penelitian siswa kelas XI SMA Semen Gresik dan guru bahasa Mandarin;. Modul ajar bahasa Mandarin melalui uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil angket kelayakan materi dan kelayakan media menunjukkan kategori sangat layak, dan angket penilaian modul oleh siswa dan guru bahasa Mandarin mendapatkan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aenor, S. a. (2022). Model-Model Pembelajaran. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fridiyanto, dkk. (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.

Guru.kemdikbud.go.id. (2022). Fase F Bahasa Mandarin. Diakses 18 Mei 2024, https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/re ferensi-penerapan/capaian- pembelajaran/sd-sma/bahasa- mandarin/fase-f/

Khoirurrijal, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV LIterasiNusantara Abadi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa. (2016). Silabus Bahasa Mandarin Peminatan.Jakarta

Kosasih. (2021). Pengembangan Banan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mutiara, dkk. (2021). Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berpusat pada Guru (Teacher Center Learning) pada Mata Pelajaran Fisika di SMA N 1 Lubuk Sikaping. Jurnal SENRIABDI, 143-150

Natasya, S. (2022). Pengembangan E-Modul Bahasa Mandarin Perkenalan Diri sebagai Media Belajar Mandiri untuk Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM. RepositoryUniversitas Negeri Malang.

Rosid, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2024). Metode Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-11-16

How to Cite

Sutedjo, O. K., & Fanani, U. Z. (2024). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Mandarin Kelas XI Materi Arah Jalan Di Sma Semen Gresik. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/64457
Abstract views: 169 , PDF Downloads: 249