EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SNOWBALL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA SAPAAN BAHASA MANDARIN DI KELOMPOK BELAJAR SI MARING
Keywords:
Media Pembelajaran, Snowball, Kosakata Sapaan, Si MaringAbstract
Bahasa Mandarin, dengan jumlah penutur mencapai 1,12 miliar orang dan statusnya sebagai bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media pembelajaran snowball dalam meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin, khususnya kosakata sapaan, pada kelompok belajar Si Maring. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental, data dianalisis melalui program SPSS versi 30. Hasil observasi menunjukkan efektivitas penggunaan media dengan skor rata-rata 81,7 persen. Analisis statistik pre-test dan post-test menunjukkan tingkat signifikansi 0,001 lebih kecil dari taraf 0,025, menegaskan media ini efektif dalam pembelajaran. Respon peserta didik juga positif, dengan lima butir angket dinilai sangat baik dan sepuluh butir dinilai baik. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran snowball terbukti mampu meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin peserta didik.
Downloads
References
Apsari, Y. (2018). Snowball Throwing in Teaching Grammar. Lingual, 10(1), 52–59.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Azhar, M., & Rizki, R. (2022). Banyak Digunakan di Dunia, Begini Peran dan Peluang Karir Belajar Bahasa Mandarin. Https://Www.Unesa.Ac.Id/Banyak-Digunakan-Di-Dunia-Begini-Peran-Dan-Peluang-Karir-Belajar-Bahasa-Mandarin. Diakses pada 23 Desember 2023. Pukul 23.20.
Cleveresty, T. B., & Afrina, U. (2020). Representasi Nilai Budaya Tiongkok dalam Sapaan Bahasa Mandarin 你吃饭了吗?/Nǐ Chī Fàn Le Ma? Metahumaniora, 10(2), 230–238.
Hartati, T., Nurzaman, I., & Fberiyanto, B. (2023). Panduan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Guru. Cahaya Smart Nusantara.
Hermawan, R. H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode) Kuningan. Hidayatul Quran Kuningan. Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayanto, A., Destyanto, A. R., & Rizki, M. (2018). Bermain untuk Belajar Merancang Permainan sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. LeutikaPrio.
Iden. S. (2020). Analisis Perbandingan Kata Sapaan Sosial dalam Bahasa Mandarin- Indonesia中印尼文社会称谓语对比. Century Journal of Chinese Language Literature and Culture. 7(1) .
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. In PT. Diva Press.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya.
Kurniawan, A. (2010). Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. In Yogyakarta: MediaKom.
Mogea, T. (2023). Developing Students’ Speaking Ability through Snowball Throwing Technique. In Journal of Creative Student Research (JCSR) (Vol. 1, Issue 2).
Pallant, Julie. 2011. SPSS Survival Manual: a step by step guide to data analysis using IBM SPSS. Routledge. New York.
Prawesti, L. N. I., Putro, S. A. N., Pratiwi, M., & Ibrahim, S. M. (2024). Media Pembelajaran. Penerbit Lakeisha.
Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi,
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA (Issue Yogyakarta).
Siregar, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Kencana, 7(6).
Siregar, S. (2020). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual &SPSS. In PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD. Alfabeta.
Surani, D., Karuru, P., Iswadi, U., & Eknoe, M. S. (2024). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Alfabeta.
Yusrizal, & Rahmati. (2020). Tes Hasil Belajar. Bandar Publishing.
黄宏,吕滇雯. 900句 // – 北京: 外语教学与研究出版社, 2007. – 161 页。
朱世霞. (2019). 职业院校幼教专业英语教学的有效性探究. 教育研究, 2(6). https://doi.org/10.32629/er.v2i6.1853
王轿成. (2024). 语言起源问题刍议:内涵呈现、视角对立 及理念升维. 中国传媒大学人文学院,北京. 12(3). DOI: 10.12677/ml.2024.123192.
康 璇. (2023). 跨文化视角下的汉英问候语比较研究 ——兼论对外汉语教学应如何教授问候语. 南开大学汉语言文化学院,天津. 13(7). DOI: 10.12677/ae.2023.137683.
郝于涵. (2023). 词汇教学和语法教学在汉语教学中的区别与 联系. 长春大学国际教育学院,吉林 长春. 13(8). DOI: 10.12677/ae.2023.138872.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 112
,
PDF Downloads: 42