ANALISIS TINGKAT KESULITAN LEVEL KOGNITIF PADA SOAL PENILAIAN SUMATIF BAHASA MANDARIN KELAS XI SMA SEMEN GRESIK TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Qonita Lukiaffa Azmi Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Analisis Butir Soal, Penilaian Sumatif, Anates V4

Abstract

Analisis butir soal dilakukan untuk mengetahui kualitas setiap butir soal dari keseluruhan soal. Analisis butir soal ditinjau melalui validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh soal. Analisis butir soal menggunakan bantuan aplikasi Anates V4 dan Microsoft Excel. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kesulitan level kognitif dan kualitas butir soal pada soal penilaian sumatif Bahasa Mandarin kelas XI SMA Semen Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah soal penilaian sumatif mata pelajaran Bahasa Mandari kelas XI SMA Semen Gresik. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat kesulitan level kognitif pada soal penilaian sumatif memiliki tingkat kognitif C2 sebanyak 22,22% dengan jumlah 10 butir soal, C3 11,11% dengan jumlah 20 butir soal, dan C4 11,11% dengan jumlah 5 butir. Soal yang memiliki validitas tinggi 47%, soal yang memiliki validitas sangat tinggi 40%, dan soal yang memiliki validitas rendah 20%. Reliabilitas pada keseluruhan butir soal memiliki tingkat reliabilitas yang baik. Tingkat kesukaran soal dengan kesulitan sangat mudah 40%, soal kategori mudah 40%, dan soal kategori sedang 20%. Daya pembeda terdapat 67% soal dengan daya pembeda baik, dan 17% soal dengan daya pembeda cukup. Efektivitas pengecoh soal pilihan ganda terdapat dua butir soal yang memiliki kualitas pengecoh buruk atau tidak berfungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, S. F. F. (2021). Analisis soal penilaian akhir semester (pas) bahasa mandarin dengan kriteria higher order thingking skill (hots) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Abduh, Moch. (2019). Panduan Penilaian Tes Tertulis. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Ade, Hossiana, Inas, Naurah, Niken, Ade. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online.

Ahmad Sabri, (2005). Strategi Belajar Mengajar. Ciputat Press.

Aini, D. N., Afifah, Y. N., & Sakti, K. F. L. (2022). Authentic Assessment pada Keterampilan Menulis Peserta didik Bahasa Mandarin. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 300-314.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan : edisi 3. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Anderson, L. W. (1999). Rethinking Bloom's Taxonomy: Implications for Testing and Assessment.

Anderson, W. L., & Krathwohl, R. D. (2010). Kerangka Landasan Pembelajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom Revisi. Terjemahan oleh Prihantoro, A.

Andrias, S. P., Saputra, A., Rais, R., Abdurrahman, S. K., Purnomo, A. C., Efrida Ita, S. S., ... & Fitriani, M. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN. Selat Media.

Aniswita, Neviyarni. (2020) Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio- emosional, dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.

Djaali. (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Fu Ruomei, Agustian. (2017). Bahasa Mandarin Sistem 52M. Jakarta: Kesaint Blanc.

Hansen, PE, & Sutandi, S. (2022). Analisis perbandingan pembelajaran offline dan online empat keterampilan bahasa Mandarin di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Barat. PRASI , 17 (02), 135-152.

Hamdi, Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta. Deepublish.

Ina, Septy, Siti, Fika. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan.

Magdalena, I., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis instrumen tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sbdp Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Nusantara.

Mustarih, N., & Achmad, A. K. (2023, July). Analisis Indikator Tes Kemahiran Bahasa Mandarin Tingkat Menengah: Hanyu Shuiping Kasoshi 汉语水平考试 (HSK 4). In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 45-58).

Moh Soheh, Ahmad. (2020). Evaluasi Pembelajaran Dalam Konteks Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Yang Dilakukan Oleh Guru.

Prasetyaningtyas, H. (2023, January). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Mandarin Jenjang SMA. In Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE) (Vol. 5, No. 1, pp. 19-29).

Prabowo, J., & Sutandi, S. (2023). Analisis Latihan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Dalam Buku “Chinese Made Easy I Edisi Kedua”. PRASI, 18(02), 205-222.

Rukajat, Ajat. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish.

Setiyo, S. A., Anggraeni, A., Supriatnaningsih, R., & Marsuki, R. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Pilihan Ganda Bahasa Mandarin Sekolah Menengah Pertama (SMP). Longda Xiaokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 4(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sherly, S., Dharma, E., & Purba, S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Belajar Bahasa Mandarin Di Smp Swasta Sultan Agung Pematang Siantar. Proceeding Umsurabaya.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik & Satuan Pendidikan SMP.

Unisba. (2015). Buku Pedoman Penilaian & Pembuatan Soal.

Widiyanto, Joko. (2018). Evaluasi Pembelajaran: Sesuai dengan Kurikulum 2013. Madiun. UNIPMA PRESS.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Azmi, Q. L., & Fanani, U. Z. (2025). ANALISIS TINGKAT KESULITAN LEVEL KOGNITIF PADA SOAL PENILAIAN SUMATIF BAHASA MANDARIN KELAS XI SMA SEMEN GRESIK TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/66255
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 36