MAKNA STANDAR KECANTIKAN DALAM POSTER IKLAN KOSMETIK CARSLAN 卡姿兰:PENDEKATAN TRIADIK PEIRCE
Keywords:
Representasi, Standar Kecantikan, Poster Iklan, Carslan 卡姿兰Abstract
Bahasa adalah media yang digunakan individu untuk mengungkapkan diri sendiri dan berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu media komunikasi yang digunakan produsen untuk menyampaikan informasi kepada konsumen adalah poster iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan standar kecantikan yang terdapat dalam poster iklan kosmetik Carslan 卡姿兰 yang berlaku di Tiongkok. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan teori semiotika CS Peirce untuk menganalisis tanda- tanda (simbol, indeks, dan ikon). Tanda-tanda yang merepresentasikan standar kecantikan di Tiongkok tersebut kemudian dianalisis menggunakan model triadik Peirce yang terdiri atas tiga elemen: representamen, objek, dan interpretan. Penelitian ini menggunakan metode Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) untuk mengumpulkan data. Tanda diinterpretasikan berdasarkan konsep ideal kecantikan yang berlaku sesuai budaya masyarakat. Tanda indeks diinterpretasikan melalui hubungan sebab-akibat, sedangkan tanda ikon diinterpretasikan melalui kesamaan visual dari tanda tersebut. Makna "cantik" dijelaskan dengan mendeskripsikan tanda-tanda yang telah diinterpretasikan, berupa frasa dan gambar pada poster iklan yang merepresentasikan standar kecantikan di Tiongkok. Dari data gambar poster yang dikumpulkan sebanyak 33 gambar ditemukan sebanyak 52 data berupa tanda. Bentuk standar kecantikan Tiongkok yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi: bentuk mata, warna kulit, hasil pemakaian make-up, warna bibir, tekstur kulit, dan warna eyeshadow. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk mata bulat merupakan tanda standar kecantikan yang paling dominan ditemukan. Frasa dan gambar dalam poster iklan memberikan gambaran yang jelas mengenai standar kecantikan di Tiongkok, sesuai dengan tujuan pemasaran produk kosmetik tersebut.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2019). Metode penelitian sastra. Gresik: Graniti.
Amri, M. (2019). Ojigi: The ethics of Japanese community’s nonverbal language. Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019), 305–308. https://www.atlantis-press.com/proceedings/soshec-19/125926077
Davis, H. T. (2011). The Collected Papers of Charles Sanders Peirce by Charles Sanders Peirce (Review). Isis, 19(1), 217–220.
Firdaus, A., & Amri, M. (2023). Interpretasi Tanda Dalam Komik Online Jí Dào Zōngshī 《 极道宗师 》 Karya Dāo Ru Ìsī 《 刀瑞斯 》 Ahmad Firdaus Abstrak. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa, 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/58298
Hall, S. (1997). The spectacle of the other. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices, 7, 223–290.
Hall, S., Nixon, S., & Evans, J. (2024). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: SAGE Publications Limited.
Murti Candra, D. (2013). Representasi Pakaian Muslimah Dalam Iklan. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(2), 63–82.
Peirce, C. S. (1991). Peirce on Signs: Writings on Semiotic. Chapel Hill: UNC Press Books.
Peirce (1998). A General Introduction to The Semeiotic of Charles Sanders Peirce. In Teaching Philosophy, 21(2), 123-141. https://doi.org/10.5840/teachphil199821224.
Pratiwi, A. N., & Amri, M. (2020). Penggunaan Deiksis Endofora dalam Film Looking Up (银河补习班 yínhé bǔxí bān) Karya Dengchao. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa, 3(2), 1-14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/download/40392/35022.
Purwandari, S. N., & Nugroho, C. (2021). Construction of Beauty Meaning in Beauty Products Advertisement. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i1.175.
Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, Y. E., & Amri, M. (2019). Nilai Moral dalam Film The Wandering Earth Karya Liu Cixin. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2) 1-5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/31664
Thomas, D. G., Sompie, S. R. U. A., & Sugiarso, B. A. (2018). Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 14–22. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20188.
Wijiariyani, C. P., & Amri, M. (2024). Representasi Standar Kecantikan Tiongkok Pada Podcast “Talking About Chinese Beauty Standards” Youtube Mandarin Corner. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(1). 1-14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/61845.
Wolf, N. (2013). The Beauty Myth: How Images of Beauty are Used Against Women. New York: Random House.
Yunus, Y. (2019). Pendidikan Bahasa. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 1(01). https://doi.org/10.36709/jb.v1i01.7599.
Zaenuddin, M. (2024). 20 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Urutan Ke-11. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/07/110000165/20-bahasa-yang-paling-banyak-digunakan-di-dunia-bahasa-indonesia-urutan-ke?utm_source=chatgpt.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

