PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DASAR

Authors

  • Rahma Aryanti Universitas Negeri Surabaya
  • Subandi Subandi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Bahasa Mandarin, Media Pembelajaran, Computer Assisted Instruction (CAI), Pengembangan Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) model tutorial dalam pembelajaran bahasa Mandarin dasar bagi peserta didik kelas X MP 2 di SMK Nurul Islam Gresik. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Mandarin, di era global serta minimnya media ajar interaktif yang digunakan di sekolah. Materi yang dikembangkan mencakup topik 谈时间和日期 (Tán shíjiān hé rìqí) dan 学校的情况 (Xuéxiào de qíngkuàng), dengan pendekatan model ADDIE. Media CAI yang dirancang bersifat interaktif dan mengintegrasikan elemen suara, teks, animasi, serta video untuk mendukung keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, validasi ahli, angket respon, serta uji efektivitas melalui pre-test dan post-test. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinilai layak digunakan oleh ahli materi dan ahli media. Observasi pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 75% (kategori baik), respon guru 72% (kategori baik), dan respon peserta didik 82% (kategori sangat baik), menunjukkan media menarik, mudah digunakan, dan sesuai kebutuhan. Efektivitas media ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari 62,308 (pre-test) menjadi 81,923 (post-test). Dengan demikian, media pembelajaran CAI yang dikembangkan terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Mandarin, serta mampu memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di SMK Nurul Islam Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Jampe$l, I. N., & Sudhata, I. G. W. (2020). Pe$nge$mbangan Multime$dia Pe$mbe$lajaran Inte$raktif untuk Me$ningkatkan Hasil Be$lajar IPS. Jurnal E$dute$ch Undiksha, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.23887/je$u.v8i1.27049

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pe$nge$mbangan Bahan Ajar Be$rbasis Addie$ Mode$l. Halaqa: Islamic E$ducation Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hamzah, A. (2019). Me$tode$ Pe$ne$litian Dan Pe$nge$mbangan Re$se$arch & De$ve$lopme$nt. Lite$rasi Nusantara.

Harjanto, A. (2014). Rancang Bangun Compute$r Assiste$d Instruction (CAI) Se$bagai Me$dia Pe$mbe$lajaran Dalam Mata Pe$lajaran Fisika Se$kolah Me$ne$ngah Atas. Jurnal Siste$m Informasi Bisnis, 1(3), 1–43. https://doi.org/10.21456/vol1iss3pp177-122

Hasanah, H. (2017). Te$knik-Te$knik Obse$rvasi (Se$buah Alte$rnatif Me$tode$ Pe$ngumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Musfiqon. (2012). Pe$nge$mbangan Me$dia dan Sumbe$r Pe$mbe$lajaran. PT Pre$stasi Pustakarya.

Ramli, M. (2012). Me$dia dan Te$knologi Pe$mbe$lajaran. IAIN Antasari Pre$ss.

Rohman, M., & Sofan, A. (2013). Strate$gi & De$sain Pe$nge$mbangan Siste$m Pe$mbe$lajaran. Pre$stasi Pustakarya.

Sadiman, A. S. (2003). Me$dia Pe$ndidikan. Raja Grafindo Pe$rsada.

Sadiman, A. S. (2010). Me$dia Pe$ndidikan: Pe$nge$rtian, Pe$nge$mbangan dan Pe$manfaatannya. Rajawali Pe$rs.

Warsita, B. (2008). Te$knologi Pe$mbe$lajaran : Landasan dan Aplikasinya. Rine$ka Cipta.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Aryanti, R., & Subandi, S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DASAR. Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/72247
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 4