KEEFEKTIFAN PENERAPAN APLIKASI QUIZLET TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMKS KETINTANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2025-2026

Authors

  • Dita Aulia Bahari Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Quizlet, Kosakata , Kalimat Sederhana, Bahasa Mandarin, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan (1) penerapan aplikasi Quizlet (2) keefektifan aplikasi Quizlet terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana (3) respon siswa terhadap aplikasi Quizlet. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pre-test post- test control group pada 70 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan angket, kemudian hasil tes dianalisis dengan uji-t. Hasil observasi pendidik kelas kontrol pada pertemuan pertama 80,90% dan pertemuan kedua 84,54%, kemudian hasil observasi peserta didik kelas kontrol pertemuan pertama 84,44% dan pertemuan kedua 88,88%. Hasil observasi pendidik kelas eksperimen pertemuan pertama 81,81% dan pertemuan kedua 94,54%, kemudian hasil observasi peserta didik kelas ekperimen pertemuan pertama 86,66% dan pertemuan kedua 93,33%. Hasil penelitian tes menunjukkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol 34,11 dan post-test 71,79, sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata pre-test 36,91 dan post-test 89,88. Uji-t menghasilkan t0 = 4,30 dengan db = 68 dan taraf signifikansi 5%, lebih besar dari t tabel = 1,67, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, aplikasi Quizlet terbukti efektif meningkatkan penguasaan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Hasil angket respon siswa juga positif karena memiliki persentase sebesar 88,33% pada pernyataan pertama, 90,55% pada pernyataan, 83,88% pada pernyataan ketiga, 89,44% pada pernyataan keempat, 92,77% pada pernyataan kelima, 92,22% pada pernyataan keenam, 92,77 pada pernyataan ketujuh, 91,66% pada pernyataan kedelapan, 90,55% pada pernyataan kesembilan, 91,11% pada pernyataan kesepuluh. Aplikasi Quizlet dianggap menarik, interaktif, dan memotivasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, J, Y. (2024). Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Tingkat Hanyu Shuiping Kaoshi 3 Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Hasanuddin Vocabulary Mastering Of Hanyu Shuiping Kaoshi Level 3 Students Of Chinese Language And Culture Study Program Hasanuddin University. (Tesis, Universitas Hasanuddin). http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35137

Andarista, K. O., & Subandi, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Berpasangan Dalam Pembelajaran Pemahaman Kosakata Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas Xii Smk Yapalis. Jurnal Bahasa mandarin, 5(2).

Anthonieta, R. O., Ardiyani, D. K., & Ventivani, A. (2022). Penerapan Game Online Tebak Gambar Gartic.io pada Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1318–1327. https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1318-1327

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, A, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Educandy Terhadap Penguasaan Kosakata Untuk Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas X Smks Ketintang Surabaya 使用educandy教育游戏对泗水ketintang职业高中十年级学生掌握中文词汇并 构造简单句子的影响研究 The Influence Of Using Educandy-Based Educational Games On Vocabulary Mastery For Constructing Simple Mandarin Sentences Among Tenth Grade Students At Surabaya Ketintang Vocational High School. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(1). https://rm.id/

Cynthia, C, L. martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

FFadhilawati, D. (2022). Belajar Vocabulary Dengan Menyenangkan Melalui Aplikasi Memrise Dan Quizlet Di Man Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Mandiri.

FFaridlo, N & Wibisono, G. (2020). Keefektifan Meda Aplikasi Kahoot! terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa kelas X SMK 17 Agustus 1945 Surabaya Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).

Faruq, D., & Amri, M. (2023). Efektivitas Penerapan Permainan Blooket Mode Gold Quest Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Dharma Wanita Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1). www.blooket.com.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish.

Ibrahim, dkk. (2010). Media Pembelajaran. Depdiknas.

Mintowati, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Mandarin Di Sekolah: Pendekatan Dan Metode Alternatif. Jurnal Cakrawala Mandarin Asosiasi Program Studi Mandairn Indonesia, 1(1), 1–10.

Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Safitri, E., Duha, S., & Wati, I. (2022). Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Bugis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Social Scienes and Humanities 2(1): , 9–15.

Salsabila, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. (Skripsi, Universitas Brawijaya).https://repository.unsri.ac.id/87589/1/RAMA_87203_06031381722060.pdf

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.

Sari E, D. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.

Semita, M. J. (2013). Buku Pintar Hanyu Yufa. Media Pressindo.

Shavira, A. J. (2022). Quizlet: electronic flashcard-based learning media to improve forage language vocabulary. Journal UPI, 6.

Solikha, F. E., & Julaikah, I. D. (2024). Penerapan Media Quizlet Untuk Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Kelas XI SMAN 1 Menganti. Laterne, 13(03).

Sudjana, N. , & Rivai, A. (2010). Media Pembelajaran. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparto. (2003). Tata Bahasa Mandarin itu Mudah. Puspa Swara.

Sutrimo, & Reni Sofiani. (2013). Pola Kalimat dalam Berita Utama Harian Lampung Post Edisi Januari 2013 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. (Skripsi, Iniversitas Lampung).

https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/2708.

Widjono. (2011). Bahasa Indonesia (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Perguruan Tinggi). PT. Grasindo.

Yulius, H. (2010). Mudah & Lancar Bahasa Mandarin untuk Pemula. TransMedia.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Bahari, D. A., & Mintowati, M. (2025). KEEFEKTIFAN PENERAPAN APLIKASI QUIZLET TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMKS KETINTANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2025-2026. Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/73396
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 2