Pengaruh Media Gambar Seri Tentang Rantai Sepeda Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita 1 Desa Banjaranyar Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

  • Wahyu Chandra
  • Siti Mahmudah

Abstract

Dalam pembelajaran di TK  ada lima aspek perkembangan anak usia dini yaitu nilai moral agama, fisik motorik, bahasa, kognitif, dan sosial emosional. Aspek perkembangan bahasa memiliki empat komponen salah satunya adalah kemampuan menyimak. Dalam rentang usia  TK,  anak sudah memiliki daya konsentrasi (menyimak). Observasi awal di TK Dharma Wanita 1 Banjaranyar kemampuan menyimak anak masih rendah, hal ini disebabkan karena keadaan guru yang kurang kreatif sehingga  setiap  kegiatan  bercerita  hanya menggunakan buku cerita standar,  dimana ukurannya tidak  disesuaikan dengan jumlah anak,  seharusnya guru bisa menggunakan media gambar seri, karena ukurannya bisa  disesuaikan dengan jumlah anak.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar seri tentang rantai sepeda terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Banjaranyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  Jenis penelitian pre-experimen, One-Group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 22 anak terdiri atas 14 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menyimak anak kelompok B sebelum diberikan perlakuan Pre-test (1025) dan sesudah diberi perlakuan post-test (1750).  Untuk itu data t-test  diperoleh  t hitung = 12,1 >  t tabel = 2,08, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar seri  tentang rantai sepeda  berpengaruh terhadap kemampuan menyimak  anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Banjaranyar Baureno Bojonegoro.

Kata kunci : Media gambar seri, Kemampuan Menyimak.

 

Abstract

In learning in kindergarten there are five aspects of early childhood development that religious moral values, physical, motor, language, cognitive, social and emotional. Aspects of language development has four components one of which is the ability to listen. In the span of kindergarten age, the child already has a concentration (listening). Preliminary observations on TK Dharma Wanita 1 Banjaranyar listening skills children are still low, it is due to circumstances that are less creative teachers so that each activity storybook storytelling using only standard, where size is not adjusted to the number of children, teachers should be able to use the media image series, because size can be adjusted with the number of children. This study aims to determine the influence of the media image of the series of bicycle chain listening skills of children in group B  TK Dharma Wanita 1 Banjaranyar. This study uses a quantitative approach to the type of pre-experimental study, One-group pre-test and post-test design. This research subject of children in group B, amounting to 22 children consisted of 14 boys and 8 girls. Data collection techniques in this study using observation and documentation. Data were analyzed using t-test formula. Based on the results of data analysis listening skills of children in group B before being given a pre-test treatment (1025) and post-treated post-test (1750). For the t-test data is obtained t = 12.1> t table = 2.08, then H0 is rejected and Ha accepted. Based on these results it can be concluded that the media image series of bicycle chain effect on the listening skills of children in group B TK Dharma Wanita 1 Banjaranyar Baureno Bojonegoro.

Keywords: Media image series, Listening Ability.

Published
2015-01-01
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 27