PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK KELOMPOK A TK HANGTUAH 7 SURABAYA

  • NORA PURNAMA SARI

Abstract

Kemampuan menulis anak pada umumnya ditentukan oleh kematangan perkembanganmotorik halusnya, karena itu upaya yang dilakukan oleh guru dalam merangsang kemampuanmenulis anak adalah dengan melalui penggunaan media gambar. Penggunaan media gambarbertujuan untuk melatih kelenturan dan kelincahan jari tangan anak agar anak memilikikemampuan untuk melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka persiapan mampumenulis.Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian iniadalah ; (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam penggunaan media gambar untuk meningkatkankemampuan menulis anak? (2) Bagaimana aktivitas anak dalam penggunaan media gambar untukmeningkatkan kemampuan menulis? (3) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis anakkelompok A TK Hang Tuah 7 Surabaya setelah pembelajaran dengan menggunakan mediagambar? Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1).Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalampembelajaran menulis. (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis. (3)Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis anak kelompok A TK Hang Tuah 7Surabaya setelah pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Observasi) ini dirancang melalui 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiapsatu siklusnya. Setelah peneliti menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuanmenulis, maka terlihat ketuntasan kemampuan menulis anak dapat mencapai 85%. Dari kenyataanitu, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar, dapat meningkatkan kemampuanmenulis pada anak kelompok A TK Hang Tuah 7 Surabaya.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Penggunaan Media Gambar

Abstract

Children’s writing skill is usually based on their fine motor development. Based on thatreason, the teacher needs to stimulate their children’s writing skill. It can be done by usingpictures. The purpose of using pictures is to train the children’s flexibility and children’s finger inorder to make the students be able to have good physical coordination and have good preparationto master writing skill.Based on the background above, the research questions in this researchare; (1) How is the teacher’s activity in using picture to improve children’s writing skill? (2) Howis the students’ activity in using picture to improve children’s writing skill? (3) How is theimprovement of children’s writing skill at A group of Hang Tuah 7 kindergarten Surabaya afterthey are given learning process by using pictures?.The purposes of this research are: (1) Todescribe teachers’ activity in writing process. (2) To describe students’ activity in writing process.(3) To describe the improvement of children’s writing skill at group A of TK Hang Tuah 7Surabaya after they had learning process by using pictures.This classroom action research isdesigned in two cycles. Each cycle consists of two meetings. By using pictures, the writing skill canbe improved. The children’s writing skill is 85%.Based on that reason, it can be concluded thatchildren’s writing skill at group A of TK Hang Tuah 7 Surabaya can be improved by usingpictures.

Keywords : writing skill, the use of pictures.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 109