PENERAPAN METODE PERMAINAN ABC UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA NGANJUK

  • PURWANTINI

Abstract

Prinsip pembelajaran di Taman Kanak-Kanak adalah bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Begitu juga dalam mengajarkan kemampuan berbahasa. Permainan ABC dipilih karena menarik dan disenangi anak, metode ini melibatkan komponen bahasa yaitu mendengar, berbicara dan kosa kata. Sebelum menggunakan metode ini hasil belajar anak dalam kemampuan berbahasa kurang maksimal dan anak mudah bosan melaksanakan perintah guru. Metode Permainan ABC adalah salah satu metode yang efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina Nganjuk.Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian peserta didik kelompok B TKNegeri Pembina Nganjuk. Siklus yang diambil adalah dua siklus untuk mendapatkan hasil peningkatan kemampuan anak yang lebih baik.Setelah mengumpulkan dan menganalisa data, hasilnya menunjukkan hasil yang membanggakan, hal ini terbukti dengan peningkatan rata-rata persentase capaian perkembangan kemampuan berbahasa peserta didik pada siklus 1 dengan perolehan persentase 60,18 % meningkat menjadi 77,48 % pada siklus 2 sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui permainan ABC, perkembangan bahasa anak kelompok B TK Negeri Pembina Nganjuk telah mencapai target ketuntasan belajar dan hipotesis tindakan pada penelitian ini dapat diterima.

Kata kunci : Permainan ABC, Perkembangan bahasa

Abstract

The main principle of learning in the kindergarten is playing while learning and learning while playing. It is also applied in teaching language ability. The ABC game is chosen since it is interesting and children loves this game, this method involve language components such as listening, speaking, and vocabulary. Before this method applied the learning result of children language ability is less satisfied and they are easily bore to do teacher's command..The ABC game method is one of the effective method applied in children learning and its objective is to increase the children language development in TK Negeri Pembina Nganjuk.This research was using class action research method and the research subject is students of group B TK Negeri Pembina Nganjuk. There are two cycle taken in order to acquire the better result of children ability.After collecting and analyzing data, the result indicate encouraging result, this was proven by the average percentage increase of students language ability in cycle 1 with percentage of 60.18% increasing to 77.48% in cycle 2, therefore it can be concluded that by applying the ABC game method on group B students of TK Negeri Pembina Nganjuk their language development have reaching the target of learning completeness and the hypothesis of this research can be accepted.

Keywords: ABC game, language development

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 79