PENGGUNAAN KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TK RAHAYU SURABAYA

  • SUWARTI

Abstract

Kemampuan Kognitif dalam mengenal konsep bilangan merupakan bekal bagi anak sebagai dasar untuk dapat menguasai berbagai bidang studi dan membuka pengetahuan secara luas dan menunjang pendidikan dijenjang berikutnya. Untuk mengembangkan kemampuan ini pendidik atau orang tua harus mengajarkannya sejak usia dini. Namun, kenyataan yang terjadi dari 20 anak baru 25% anak yang mampu dengan mandiri dalam mengenal konsep bilangan. Hal tersebut disebabkan karena guru kurang memanfaatkan media yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Untuk mengatasi masalah tersebut maka akan dilakukan perbaikan dengan menggunakan media kartu gambar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui pemanfaatan media kartu gambar. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang mendapat skor 1 (35%), skor 2 (50%), skor 3 (15%), dan skor 4 (0%). Pada siklus II anak yang mendapat skor 1 (15%), skor 2 (20%), skor 3 (50%) dan skor 4 (15%). Adapun hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 65% dan siklus II memperoleh skor 75%, sedangkan hasil observasi aktivitas anak pada siklus I memperoleh skor 56% dan siklus II memperoleh skor 73,5% dan dapat diketahui dari siklus I ke siklus II ada peningkatan.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Rahayu Surabaya.

Kata Kunci : Pengenalan konsep bilangan, kartu gambar

Abstract

Cognitive Skill in recognizing the concept of number is a basic for children to be able to master kinds of matter, to get a lot of knowledge and to support their education in the next level. To develop this skill, teacher or parents have to teach them since in childhood. In the fact, there are only 25% from 20 children who are able to recognize the concept of number by themselves. It is caused by the teacher who is less in using appropriate media that is comfortable with children's development level. To solve that problem, it needs improvement by applying picture card.This research aimed to know the improvement of children's cognitive skill in recognizing the concept of number trough using picture card. This research is Classroom Action Research which has 2 cycles and each cycle has four activities , those are: Planning, Action, Monitoring and Reflection. The collecting data technique used is observation and documentation.The result showed that in the cycle I, children who get score 1 (35%), score 2 (50%), score 3 (15%) and score 4 (0%). In the cycle II, chhildren who get score 1 (15%), score 2 (20%), score 3 (50%) and score 4 (15%). While the result of observation of teachers activities in cycle I get score 65% and cycle II get score 75% , while the result of observation of students activities in cycle I get score 56% and cycle II get score 73.5%. It can be known that there is an increase from cycle I to cycle II.From those results, it can be concluded that picture card media can increase children's cognitive skill in recognizing the concept of number in group B TK Rahayu Surabaya.

Key words: recognizing concept of number, picture card

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 11