PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) CLAY TEPUNG TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-AZHAR KELAPA GADING SURABAYA

  • NOVA LISTIANA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan potensi kreativitas yang ada di TK Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya berupa sebagian besar anak-anak menunjukkan indikasi permasalahan belum optimalnya potensi kreativitas, seperti belum mampunya anak-anak membuat hasil karya dari ide kreatif mereka sendiri, hal ini diperoleh dari hasil wawancara dengan salah satu guru di TK Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Permasalahan kreativitas pada anak semacam ini dikhawatirkan akan mengakibatkan rendahnya tingkat produktivitas ketika mereka dewasa, sehingga hal ini akan berpengaruh pada tingkat konsumtif yang tinggi. Hal tersebut merupakan cerminan dari kondisi kreativitas dan produktivitas yang rendah.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan alat permainan edukatif (APE) clay tepung terhadap kreativitas anak melibatkan anak dalam proses pembuatannya, dari penakaran bahan-bahan adonan sampai dengan pembuatan hasil kary dari adonan clay tepung tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan one-group pre test post test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian perlakuan (treatment) dengan menerapkan APE clay tepung untuk mengetahui perubahan kreativitas anak kelompok B. Subyek penelitian ini adalah 24 anak anak kelompok B TK Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non-paramentric dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon.

Kata kunci : alat permainan edukatif (APE) clay tepung, kreativitas

Abstract

The research was motivated by creativity potential problems that exist at TK Al-Azhar Kelapa Gading Islamic School Surabaya that majority of children showed problems indications unoptimum potential of creativity, as yet inability of children to make the work of their own creativity ideas, it was obtained from interview with one of kindergarten teachers at Al-Azhar Kelapa Gading Islamic School Surabaya. This kind of children’s creativity problems were worried for result in low levels of productivity when they grown up, so this would affect level of high consumption. It was a reflection of creativity condition and low productivity. The aim of this research was to determine whether there was influence of applying educational games tools (APE) clay flour to children creativity involving children in process of variety shaped, from dosing until making ingredients to result of clay flour. This research used pre-experimental research design with one-group pretest post test design. Data collection methods used by giving treatment by applying clay flour APE to assess changes in group B children's creativity. The subjects of this study were 24 children in group B TK Al-Azhar Kelapa Gading Islamic School Surabaya. The data analysis technique used was non paramentric statistical analysis techniques marked level using the Wilcoxon test.

keywords: educational game tool, clay flour, creativity

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 130