PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM KEGIATAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK WARDAH SAMBIKEREP SURABAYA

  • CHIKMAH ZUNAIDAH

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di TK Wardah kelompok B, Kecamatan sambikerep Surabaya, anak-anak menunjukkan kebosanan dan kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sains, ditandai dengan kurangnya perhatian anak saat guru menerangkan, kurang antusiasnya anak dalam melakukan kegiatan dan anak kurang mampu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Untuk menyikapi masalah yang terjadi guru menggunakan model pembelajaran yang berbeda dengan biasanya yaitu model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui meningkatnya kemampuan kognitif anak kelompok B TK Wardah kecamatan sambikerep-surabaya melalui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran sains. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terlihat dari lembar observasi serta grafik yang terdapat dalam bab IV. Dari hasil penelitian siklus I dan hasil penelitian siklus II menunjukkan peningkatan pada persentase serta ketuntasan. Prosentase aktivitas anak pada siklus I 57,5% pada siklus II sebesar 82,5%, Prosentase aktivitas guru pada siklus I 62,5% pada siklus II 82,5% dan prosentase kemampuan kognitif anak siklus I 73,7% pada siklus II 89,4%. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran dalam kegiatan sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Wardah – Surabaya sesuai dengan yang diharapkan.

kata kunci : model pembelajaran kontekstual, pembelajaran sains, kemampuan kognitif anak

Abstract

Based on the observation at Group B of TK Wardah Sambikerep Surabaya, children’s showed boredom and difficulty in understanding science learning material, signed by lack of attention from children’s when the teacher had explaining lesson, less enthusiastic of children’s in doing activity and unable to answer the questions from teacher. To solve the problems that occurred, teacher uses different learning models namely contextual learning. This study used Classroom Action Research (CAR) The purpose of the study was knowing that enhancing children’s kognitif ability of group B TK Wardah Sambikerep Surabaya by applying contextual learning model in science study. The result of research showed that there was development seen in form of observation sheet and graphic at chapter four. From first and second cycle research result showed development at percentage and completeness. Teacher activities percentage at 1st cycle was 62.5% at 2nd cycle was 82.5%, children’s activities percentage at 1st cycle 57.5% at 2nd 82.5% and children’s cognitive ability percentage 1st cycle 73.7% at 2nd cycle was 89.4%. The conclusion of this study was the application of contextual learning model in science activity able to enhance cognitive ability at group B TK Wardah Sambikerep Surabaya and worked properly.

Keywords : contextual learning model, science activities, children’s cognitive abilities of learning

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 119