PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN PASIR TERHADAP KEMAMPUAN SOSIOEMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK ANISSA BANGAH, GEDANGAN-SIDOARJO

  • Fika Indrianawati
  • Rachma Hasibuan

Abstrak

Proses belajar seorang guru harus berusaha agar anak tidak mudah bosan dengan apa yang diajarkan di sekolah, prinsip bermain sambil belajar dapat kita gunakan dalam mempermudah penguasaan materi. Selain itu guru juga harus menguasai metode-metode mengajar berupa permainan adapun salah satu metode permainan yang dapat diterapkan adalah bermain pasir karena bermain pasir dilakukan secara berkelompok sehingga dapat melatih dan mengembangkan sosio–emosional anak. Kemampuan sosio-emosional anak di TK Anissa Bangah, Gedangan-Sidoarjo kurang berkembang dengan baik karena kegiatan di sekolah belum diterapkan secara berkelompok, mesikipun penataan duduk anak sudah berkelompok, sehingga peneliti menerapkan kegiatan bermain pasir untuk mengembangkan kemampuan sosio-emosional sebab bermain pasir dilakukan secara berkelompok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain pasir terhadap kemampuan sosio-emosional anak di TK Anissa Bangah, Gedangan-Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen khususnya Pre Eksperiental PretestPosttest Design. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak di TK Anissa Bangah, Gedangan-Sidoarjo. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan menggunakan analisis data Uji Tanda / sign-test. Hasil analisis data diperoleh dari penilaian pre-test 241 dan post-test 279. Jadi apabila Xhit>Xtab maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh aktivitas bermain pasir terhadap kemampuan sosio – emosional anak kelompok B di TK Anissa Bangah, Gedangan – Sidoarjo. Kemampuan sosio - emosional anak kelompok B di TK Anissa Bangah, Gedangan - Sidoarjo mengalami peningkatan.

Kata kunci : Aktivitas Bermain Pasir, Sosio-Emosional, Anak Usia Dini3

 

ABSTRACT

The teacher must try hard to make the children not be bored easily facing what things are taught in the school. Learning through playing is a principle which can be used to master the learning materials easily. Besides that the teacher must master the learning method in the form of games. One of the games which can be applied is sand game. It is because sand game is conducted in group. Children’s socioemotional at Anissa Bangah Kindergarten, Gedangan-Sidoarjo is lack of a well development because the school activities has not been applied in groups although the chair arrangement has been put in a group. Therefore, the researcher applied applied the sand playing activity to develop children’s socio-emotional because this game is conductes in groups. The purpose of this activity is to find the effect of sand game activity for the children’s socio-emotional skill at B group of Anissa BangahKindergarten GedanganSidoarjo.. This research is experimental research by using pre experimental pretest-posttest design. The population is 15 children of B group at Anissa Bangah kindergarten, Gedangan-Sidoarjo. This research uses observation and sign test is used to analyzed the data. The result of pretest 241 and posttest 279. If Xhit>Xtab, Ho will be rejected and Ha will be accepeted. It means that there is an effect of sand game activity for the children’s socio-emotional skill at B group of Anissa Bangah kindergarten Gedangan-Sidoarjo. Children’s socio-emotional skill at B group of Anissa Bangah Kindergarten Gedangan-Sidoarjo is increased. Keywords: Sand Game Activity, Socio-Emotional, Young Learners

Diterbitkan
2014-12-01
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 636