MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK A
Abstract
Based on the observation research, there are 70% from 10 children that still lack of recognizing words because the education model is still using lecturing model with write board as the media. The purpose of this research is to find out the effectivity of the flash card as the learning media to recognize words at TK Darun Najah Pacet Mojokerto group A. The method of this research is using the class action. Subject in this research is 10 children, 6 boys and 4 girls at TK Darun Najah pacet Mojokerto group A. So, the researcher using flash card method to help increase children ability to recognize word. From this result, we can conclude that through flash card, children can know about word.
Keywords : words, straight learning activity, flash card
Abstrak : Berdasarkan dari hasil observasi, terdapat 70% dari 10 anak yang masih kurang dalam mengenal kosakata karena penggunaan model pengajaran diskusi dengan papan tulis sebagai media. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas anak dan tingkat efektivitas model pembelajaran langsung bermedia flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosakata. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A TK Darun Najah yang berjumlah 10 anak, 6 laki-laki an 4 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat kita simpulkan bahwa model pembelajaran langsung bermedia flash card dapat meningkatkan kemampuan mengenal kosakata.
Kata Kunci : Kosakata, Model Pembelajaran Langsung, Flash Card
PDF Downloads: 287