MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BENDA BERDASARKAN UKURAN MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERMEDIA LEGO PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

  • Fitri Kusniawati
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

The purpose of this research is to find out the activity and the effectivity of increasing the children ability to sorting object based on its size. This research is designed with class action method. Subject of the research is children age 3-4 years in Al Firdaus’s kindergarten. The result showed that there are improvement sorting object based on its size ability 86% about the activity and 80% about the effectivity based on the result evaluation from cycle 1 and cycle II.

Keywords: sorting object, contextual educating, lego media

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan efectivitas anak dalam meningkatkan kemampuan mengurutkan benda berdasarkan ukuran. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB. Al Firdaus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan mengurutkan benda berdasarkan ukuran 86% pada aktivitas dan 80% pada efektivitas anak berdasarkan observasi pada siklus I dan siklus II.

Kata kunci: mengurutkan benda, pembelajaran kontekstual, media lego

Published
2015-04-01
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 1154