MENINGKATKANKEMAMPUAN MENYIMAK TENTANG MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN INTERKTIF PADA ANAK KELOMPOK A

  • Ida Suswati
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

This study aimed to describe the child's activity and the level of effectiveness of audio media interactive learning in improving listening skills of children recognize letters of the alphabet in group A Tk Dharma Wanita Pandanarum. This study uses a class action research. The results showed an increased ability to recognize letters of the alphabet listening through audio media interactive learning by 42% based on the evaluation of the results of the first and second cycle sklus.

Keywords: Listening, audio, Interactive learning, early childhood

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas anak dan tingkat efektivitas penerapan media audio pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan menyimak tentang mengenal huruf abjad pada anak kelompok A Tk Dharma Wanita Pandanarum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menyimak tentang mengenal huruf abjad melalui media audio pembelajaran interaktif sebesar 42 % berdasarkan evaluasi hasil dari sklus I dan siklus II.

Kata kunci: Menyimak, media audio, pembelajaran Interaktif, anak usia dini.

Published
2015-04-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 36