MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR ANAK KELOMPOK A

  • Moch Gufron
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

When telling stories to children, a teacher need media which can catch children’s attention to make them listen what their teachers tell. Without media , children won’t be interested to listen what their teacher stories telling about. The purpose of this research is to improve telling stories ability children by ilustrated story book media. This research used classroom act research. The subject of this research is children in group A Bahrul Ulum kindergarten. Based on this research it can be conclude that each meetings, children were improving from one siclus to two siclus to 75,59%. The summary from this research is illustrated story book can improve children’s telling stories ability

Key word : Illustrated story book, Telling

Abstrak : Dalam bercerita kepada anak, seorang guru memerlukan adanya media yang dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan cerita guru. Tanpa media, maka anak tidak akan tertarik untuk mendengarkan cerita yang di bacakan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak adalah media buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adakah anak kelompok A TK Bahrul Ulum. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa tiap pertemuan anak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 75,59%. Simpulan dari penelitian ini adalah media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak.

Kata kunci : Buku cerita bergambar, Bercerita

Published
2015-04-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 25