MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-5 MELALUI PERMAINAN BOLA ESTAFET KELOMPOK A

  • Siswati Siswati

Abstract

Based on the results of observations, children in kindergarten Satu Atap, 62% of the 20 children there still do not know clearly about the ability to know the concept of numbers. This study aimed to describe the use of the media relay balls can improve cognitive abilities in recognizing the concept of numbers 1-5 in group A kindergarten Satu Atap Kepuhpandak Mojokerto. The subjects were teachers and kindergartners A Satu Atap Kepuhpandak Mojokerto consisting of 9 boys and 11 girls with a total of 20 children. This study consisted of two cycles. And the results of the second cycle is 88%. This indicates that these studies have been successful and showed an increase of the ability to know the concept of numbers.

Keywords : Cognitive Ability, Game Ball Relay, early childhood

Abstrak: Berdasarkan dari hasil observasi, anak pada TK Satu Atap, 62% dari 20 anak disana masih belum mengenal dengan jelas tentang kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media bola estafet dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-5 kelompok A TK Satu Atap Kepuhpandak Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak TK A Satu Atap Kepuhpandak Mojokerto yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan dengan jumlah keseluruhan 20 anak.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dan hasil dari kedua siklus tersebut adalah 88%. Ini menandakan bahwa penelitian tersebut telah berhasil dan menunjukkan adanya peningkatan tentang kemampuan mengenal konsep bilangan.

Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Permainan Bola Estafet, anak usia dini

Published
2015-04-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 9