PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA BAHASA INGGRIS MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Anita Rosalina
  • Dewi Komalasari

Abstract

The purpose of this research is obtaining the description of the improve of skill to know english number with singing to children aged 4 or 5 years in kindergarten Laboratory of PG-PAUD UNESA. The kind of research which used in the study is action research. Subjects in this study were children aged 4-5 years or group of children in kindergarten Laboratory of PG-PAUD Unesa. This results of the researcrh is obtained by increase in the ability to know the English number through singing in children aged 4-5 years in kindergarten Laboratory of PG-PAUD Unesa. In the first cycle is 75% and the second cycle was 90%. It can be concluded that through singing can improve the ability to know the English number to children aged 4-5 years in kindergarten Laboratory of PGPAUD Unesa.

Keywords: English number, Singing.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PGPAUD Unesa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan . Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun atau anak kelompok A di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa. Pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka Bahasa Inggris pada anak usia 4-5 tahun di TK Laboratorium PG-PAUD Unesa.

Kata Kunci : Angka Bahasa Inggris, Bernyanyi

Published
2015-04-01
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 1146