Pengaruh Media Menara Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Kelompok A

  • Maylinda Gatindah Putri
  • Andi Kristanto

Abstract

This research using quantity research with research design of Quasi Experimental and using kind of Nonequivalent Control group Design.. The purpose of this research is to improve the students ability to recognize the number of group A by the number tower media. The subject of this research is group A children  in TK Dharma Wanita Persatuan Bakalan Wringinpitu Sidoarjo. Based on the result of the Mann Whitney U-Test calculation, is showed that the value of Ucount < Utable is 54 < 77 with fault phase α=0,05, with n=17, so that can be evaluated that the number tower media affects for ability to recognize the number of group A in TK Dharma Wanita Persatuan Bakalan Wringinpitu Sidoarjo.

Keywords: The number tower media, numbers, group A kindergarten student

Abstrak: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dan menggunakan jenis Nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A melalui media menara angka. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Bakalan Wringinpitu Sidoarjo. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Mann Whitney U-Test menunjukkan bahwa U hitung < U tabel yaitu 54 < 77 dengan taraf  kesalahan α= 0,05 dengan n= 17, sehingga dapat disimpulkan bahwa media menara angka berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Bakalan Wringinpitu Sidoarjo.

Kata Kunci : media menara angka, lambang bilangan, anak kelompok A

Published
2015-04-01
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 73