PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 ANAK

  • Enok Dwi Mahmudi
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

The purpose of this research is to correct whether it is true or not about the influence of cooperative learning model team assisted individualization (TAI) mediated flashcard  to the introduce  numbers symbol 1-10  ability on  A  group  children  at TK  Tunas Harapan Desa Brayublandong  village Mojokerto city.  The subject  were  on  A1  group  children at  TK Tunas Harapan Desa Brayublandong village Mojokerto city of 20 children. The Results showed  that T hitung < T  tabel (0 <0,52), thus Ha Accepted , and Ho is rejected. According to the research, we can conclude that  influence of  cooperative learning model team assisted individualization (TAI) mediated flashcard to the introduce numbers symbol 1-10 ability.

Keywords : Cooperative Learning TAI, Flashcard, Number’s Symbol

Abstrak  : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization  (TAI) bermedia  flashcard  terhadap kemampuan  mengenal lambang bilangan 1-10 anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini adalah  seluruh anak kelompok A1  di TK  Tunas Harapan Desa Brayublandong Mojokerto yang berjumlah 20 anak.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  T  hitung  < T  tabel  (0 < 0,52), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe  Team Assisted Individualization  (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.

Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif  TAI, Flaschard, Lambang

Published
2015-04-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 19