PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 ANAK
Abstract
The purpose of this research is to correct whether it is true or not about the influence of cooperative learning model team assisted individualization (TAI) mediated flashcard to the introduce numbers symbol 1-10 ability on A group children at TK Tunas Harapan Desa Brayublandong village Mojokerto city. The subject were on A1 group children at TK Tunas Harapan Desa Brayublandong village Mojokerto city of 20 children. The Results showed that T hitung < T tabel (0 <0,52), thus Ha Accepted , and Ho is rejected. According to the research, we can conclude that influence of cooperative learning model team assisted individualization (TAI) mediated flashcard to the introduce numbers symbol 1-10 ability.
Keywords : Cooperative Learning TAI, Flashcard, Number’s Symbol
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1 di TK Tunas Harapan Desa Brayublandong Mojokerto yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung < T tabel (0 < 0,52), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif TAI, Flaschard, Lambang
PDF Downloads: 19