PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN TARIAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
The purpose of this research is to know effect of approach learning contextual based of modeling dance for the ability gross motor skills of children aged 5-6 years old. The subject were on group B3 in Kindergarten Muslimat NU 27 Yosowilangun of 20 children’s. The results showed that Thitung < Ttabel (0 < 0,52), thus Ha accepted and Ho is rejected. According to the research, we can conslude that approach learning contextual based of modeling dance significantly for gross motor skills of children’s aged 5-6 years old.
Key words: Modeling dance, Gross motor skills
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan tarian terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 di TK Muslimat NU 27 Yosowilangun yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel (0 < 0,52), dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan tarian berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci : Pemodelan tarian, Motorik kasar
PDF Downloads: 69