PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN TARIAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Nur Ukhti Fila Sari
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

The purpose of this research is to know effect of approach learning contextual based of modeling dance  for the ability  gross motor  skills  of children aged  5-6  years old.  The subject were on  group B3 in Kindergarten Muslimat NU 27 Yosowilangun of 20 children’s.  The results showed that Thitung  < Ttabel              (0 < 0,52), thus Ha accepted and Ho is rejected. According to the research, we can conslude that approach learning contextual based of modeling dance significantly for gross motor skills of children’s aged  5-6 years old.

Key words: Modeling dance,  Gross motor skills

Abstrak:  Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan tarian terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 di TK Muslimat NU 27 Yosowilangun yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung  < Ttabel  (0 < 0,52), dengan demikian Ha diterima  dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan  bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan tarian berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci : Pemodelan  tarian, Motorik kasar

Published
2015-04-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 69