PENGARUH PENERAPAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK KELOMPOK B
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of applying the method to the field trip of visual spatial intelligence capabilities of student’s in-group B at TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo-1 Gresik.This study uses a quantitative research approach to research design Pre Experimental Design types One-Group Pre-Test-Post-Test Design. Subject of this research was all students in-group B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo-1 Gresik that amounts to 25 students. Data collection techniques were observation and documentation, as well as measured using observation sheet with rating scale methods that have been tested for validity and reliability. Analysis of the data using non-parametric statistical test of Wilcoxon marked degree. The result of this research is showing that the method of field trip effect on ability of visual-spatial intelligence of the children.
Keywords : Field trip methods, Visual-spatial intelligence capabilties, Children
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode karyawisata terhadap kemampuan kecerdasan visual spasial anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo-1 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Driyorejo-1 Gresik yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, serta diukur dengan menggunakan lembar observasi dengan metode rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode karyawisata berpengaruh terhadap kemampuan kecerdasan visual spasial anak.
Kata kunci :Metode karyawisata, Kemampuan kecerdasan visual spasial, Anak
PDF Downloads: 12