PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI PAUD
Abstract
This research is qualitative research with study descriptive. Subject of this research is PAUD Khazanah Surabaya and the point is a management of indoor environmental learning and learning model centers of preparation. The purpose of this study is to describe the indoor environmental management learning and a model of learning at early childhood (PAUD) Khazanah Surabaya. The results showed that the indoor environmental management learning at the center of most preparation is in conformity with the provisions and interest children in learning, such as infrastructure, implementation steps, and the learning process. However, in the study of spatial planning, especially for color selection room, room decor, the floor plans and location centers of preparation over reconsidered so that learning activities more fun and interesting.
Keywords: Indoor environmental management learning, Learning centers, Centers of preparation.
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah PAUD Khazanah Surabaya dan yang akan dibahas yaitu pengelolaan lingkungan belajar indoor dan model pembelajaran sentra persiapan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pengelolaan lingkungan belajar indoor dan model pembelajaran sentra di PAUD Khazanah Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan belajar indoor di sentra persiapan sebagian besar sudah sesuai dengan ketentuan dan menarik minat anak dalam belajar, seperti sarana dan prasarana, langkah-langkah pelaksanaan, dan proses pembelajaran. Namun dalam penataan ruang belajar khususnya untuk pemilihan warna ruangan, dekorasi ruangan, dan denah dan letak sentra persiapan lebih dipertimbangkan kembali agar kegiatan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Kata kunci: Pengelolaan lingkungan belajar indoor, Model pembelajaran sentra, Sentra persiapan.
PDF Downloads: 957