PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGKLASIFIKASIKAN BENDA
Abstract
This study uses a quantitative research approach to the type of pre-experiments and research design One group pre-test post-test. Sample numbered 20 children. Methods of data collection using assessment tools such as observation with the observation sheet. Calculation marked Wilcoxon test levels that value Thitung <Ttabel (0 <52) then Ha accepted because Thitung <Ttabel (0 <52) and Ho is rejected because Thitung> Ttabel (0 <52), then the decision is Ha accepted because Thitung <Ttabel (0 <52) and Ho is rejected because Thitung> Ttabel (0> 52). So that the results of this study concluded that there was a significant effect after treatment is given in the form of a direct application of learning models to classify objects cognitive abilities. Seen on hypothesis testing known Thitung <Ttabel (0 <52) then Ha received on the direct application of learning models to classify the objects of cognitive abilities in kindergarten Madani Group B Lamongan.
Keywords: Direct learning model, Cognitive abilities
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran langsung terhadap kemampuan kognitif mengklasifikasikan benda kelompok B di TK Madani Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen dan sampel penelitian berjumlah 20 anak. Hasil perhitungan data perhitungan uji jenjang bertanda Wilcoxon bahwa nilai Thitung < Ttabel (0<52) maka Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<52) dan Ho ditolak karena Thitung > Ttabel (0<52), maka pengambilan keputusan yaitu Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<52) dan Ho ditolak karena Thitung>Ttabel (0>52). Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan kognitif mengklasifikasikan benda.
Kata kunci : Model pembelajaran langsung, Kemampuan kognitif.
PDF Downloads: 207