PENGARUH BERMAIN PASIR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI KELOMPOK A

  • Khusnul Khotimah
  • Julianto Julianto

Abstract

The purpose of this study was to assess  the presence or absence of the ability to  influence play sand recognize the concept of geometry group A. The samples  in  this study were all children in group A1 and A2 in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo totaling 24 children. The results showed that T arithmetic <T table (0 <14), while based on Utest helper table shows that the U count <U table (27 <31). Thus Ha accepted, and Ho  is rejected. Based on these results  it can be concluded  that  there was an effect on the ability to play sand recognize the concept of geometry, group A.

Keywords : Sand play, Geometry

Abstrak  :  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengkaji ada atau tidaknya pengaruh  bermain pasir terhadap kemampuan mengenal konsep geometri kelompok A. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1  dan A2  di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo  yang berjumlah 24  anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung < T  tabel (0 < 14), sedangkan berdasarkan tabel penolong Utest menunjukkan bahwa U hitung < U tabel (27 < 31). Dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  ada  pengaruh  bermain pasir terhadap kemampuan mengenal konsep geometri kelompok A

Kata kunci : Bermain pasir, Geometri

Published
2015-04-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 23