PENGARUH BERMAIN PASIR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI KELOMPOK A
Abstract
The purpose of this study was to assess the presence or absence of the ability to influence play sand recognize the concept of geometry group A. The samples in this study were all children in group A1 and A2 in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo totaling 24 children. The results showed that T arithmetic <T table (0 <14), while based on Utest helper table shows that the U count <U table (27 <31). Thus Ha accepted, and Ho is rejected. Based on these results it can be concluded that there was an effect on the ability to play sand recognize the concept of geometry, group A.
Keywords : Sand play, Geometry
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh bermain pasir terhadap kemampuan mengenal konsep geometri kelompok A. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1 dan A2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo yang berjumlah 24 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung < T tabel (0 < 14), sedangkan berdasarkan tabel penolong Utest menunjukkan bahwa U hitung < U tabel (27 < 31). Dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain pasir terhadap kemampuan mengenal konsep geometri kelompok A
Kata kunci : Bermain pasir, Geometri
PDF Downloads: 23