PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN ANAK KELOMPOK B

  • Afiyatus Sholihatul Fitria
  • Endang Purbaningrum

Abstract

Abstract : The purpose of this study was to determine the influence of contextual teaching and learning model learning of the ability to know the concept of the size of kindergarten children in group B. The research sample are 36 children that child B1 group were 18 children and B2 groups totaling 18 children. So that the results of this study concluded that the learning model contextual teaching and learning significantly influence the child's ability to recognize the concept of the size of the group B at kindergarten Al Khalifa Jl Raya Selorejo Mojowarno Jombang.

Keywords: Learning model contextual teaching and learning, The ability to know the concept of size.

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelompok B. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok B di TK Al Khalifa Jl Raya Selorejo Mojowarno Jombang yang jumlah keseluruhannya yaitu 36 anak terdiri dari anak kelompok B1 berjumlah 18 anak dan anak kelompok B2 berjumlah 18 anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak.

Kata kunci : Model pembelajaran contextual teaching and learning, Kemampuan mengenal konsep ukuran
Published
2015-05-19
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 58