PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENGANYAM 3D BERBASIS TEKNIK SASAG TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B

  • Vivin Enerlis
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Abstract : The purpose of my research is to correct whether it is true or not about the influence of learning strategies based 3D weaving sasag technique to the fine motor skills ability on B group children’. The samples were children at TK Laboratorium Unesa Surabaya of 15 children.. The Results showed  that T hitung<T tabel(0 < 25), thus Ha Accepted , and Ho is rejected. According to the research, we can conclude that learning strategies based 3D weaving sasag technique gives influence to the fine motor skills ability on B group children’s in TK Laboratorium Unesa Surabaya.

Keywords : The fine motor skills, Learning strategies based 3D weaving sasag technique

 

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran menganyam 3D berbasis teknik sasag terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B. Sampel dalam penelitian ini adalah  seluruh anak kelompok B di TK Laboratorium Unesa Surabaya yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung < T tabel (0 < 25), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran menganyam 3D berbasis teknik sasag berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Laboratorium Unesa Surabaya.

 

Kata kunci : Kemampuan motorik halus, Strategi pembelajaran menganyam 3D berbasis teknik sasag
Published
2015-05-19
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 16