PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KILAS (FLASH CARD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP KATA PADA ANAK

  • Larassathy Tri Nuraini Herawati
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstract : This research aimed to find out the influence of flash card to the ability of group B students of Sartiasari Kindergarten Wonorejo Surabaya to recognize word concept. This research used pre-test and post-test design. The subject of this research were 20 students of group B. The dara were collacted by using observation and documentation and analyzed by using Wilcoxon Match Pairs Test. Based on the obtained data analysis using Wilcoxon Match Pairs Test, it was found that T observer < T table (0<52) Null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis of this research “ there is significant influence on the use of flash card to the ability of group B student of Sartiasari Kindergarten Wonorejo Surabaya to recognize word concept is accepted.

Keyword: Recognize Word Concept, Flash Card

 

Abstrak: Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu kilas terhadap kemampuan mengenal konsep kata anak kelompok B TK Sartiasari Wonorejo Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian penelitian Pre Eksperimental Design yaitu dengan bentuk model One Group Pretest – Posttest Design. Subyek yang digunakan adalah anak kelompok B dengan jumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data mengunakan uji jenjang bertanda wilcoxon. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan uji tanda berjenjang wilcoxon diperoleh T hitung< T tabel (0< 52), sehinngga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu kilas terhadap kemampuan Mengenal Konsep Kata Anak Kelompok B TK Sartiasari Surabaya”telah terbukti.

Kata kunci : Mengenal konsep kata, Media kartu kilas
Published
2015-05-21
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 74