PENGARUH PERMAINAN MENGARSIR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK

  • Fitriani Purwaningtyas
  • Julianto Julianto

Abstract

Abstract:The purpose of this study was to determine the effect on the ability of the game shading language literacy of children in group B TK Anita Surabaya. This study uses a quantitative research approaches to study design kind of Pre Experimental Design One - group pretest - posttest design. The sample was all kindergarten children in group B Anita Surabaya, amounting to 22 children. Data collection techniques are observation and documentation, as well as measured using observation sheet with a rating scale methods that have been tested for validity and reliability. Data analysis using non-parametric statistical test Wilcoxon signed ladder. The results showed that the game shading effect on the child's language skills literacy.

Keywords:Games shading, Literacy Language Proficiency, Group B

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan mengarsir terhadap kemampuan bahasa keaksaraan anak kelompok B TK Anita Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Anita Surabaya yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, serta diukur dengan menggunakan lembar observasi dengan metode rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan mengarsir berpengaruh terhadap kemampuan bahasa keaksaraan anak.

Kata kunci:Permainan mengarsir, Kemampuan bahasa keaksaraan,  Kelompok B
Published
2015-05-22
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 14