PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DI TK WILAYAH KECAMATAN SIDOARJO

  • Nikki Paramyta
  • Muhammad Reza

Abstract

Abstract: This study using a qualitative descriptive study. The purpose of this study is to describe what the methods which teachers in kindergarten Aisyiyah 4, Cendekia, Pelangi, Primagama, and New Swadharma Bhakti are used, the implementation, and the reason they used those methods.Based on the results of research on literacy learning methods both in groups A and B, most of them use demonstration and assignment methods, with playing method for variation. The reason is because in second semester, most of children were able to recognize the letters concept, so the teachers just give the task, and the demonstration used for repeat or recall if some children forgot, and playing method used for increase motivation in learning, so they don’t feel bored, and they doesn’t feel that they are learning.

Keywords: Literacy learning methods

Abstrak: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode apa sajakah yang digunakan guru-guru di TK Aisyiyah 4, TK Cendekia, TK Pelangi, TK Primagama, dan TK New Swadharma Bhakti, dan apakah alasan digunakannya metode-metode tersebut, serta pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai metode pembelajaran mengenal huruf baik pada kelompok A dan B, sebagian besar menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas, dengan variasi metode bermain. Dengan alasan karena di semester dua rata-rata anak sudah mampu mengenal konsep huruf, maka guru hanya memberikan tugas, dan demonstrasi dilakukan untuk pengulangan atau mengingatkan kembali apabila ada anak yang lupa, dan metode bermain digunakan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar, agar anak tidak merasa bosan, dan agar anak tidak merasa bahwa dirinya sedang belajar.

Kata kunci: Metode pembelajaran  mengenal huruf
Published
2015-05-22
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 68