PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Abstract
Abstract :The purpose to be achieved in this research is to know the influence of outbound activity to social emotional development of early years students aged 3 to 4 of PPT Tanjung IX Kenjeran District Surabaya. The research used quantitave approach with Pre-Experimental Design, using One-Group Pre-Test and Post-Test design. The subjects of this research were 25 students age 3 to 4 of PPT Tanjung IX Kenjeran District Surabaya. The data collection techniques were observation and documentation.From result of this research, it was found that t-observed was 19,406 larger than t-table that was 2,060. Thus, there was significant influence of outbound activity on social emotional development of PPT Tanjung IX.
Keywords: Social emotional competence, Outbound activity
Abstrak : Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan outbound terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok usia 3-4 tahun di PPT Tanjung IX Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok usia 3-4 tahun di PPT Tanjung IX Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya yang berjumlah 25 anak.Hasil dari penghitungan didapat nilai t sebesar 19,406 dan hasilnya lebih besar dari pada t-tabel yaitu sebesar 2,060 maka ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan outbound terhadap perkembangan sosial emosional di PPT Tanjung IX.
Kata Kunci: Kemampuan sosial emosional, Kegiatan outbound.PDF Downloads: 150