PENGARUH DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK KELOMPOK B

  • Pamestri Hardini
  • M. Husni Abdullah

Abstract

Absract: This quantitative study aimed to determine fairytale effect on the ability of empathy. children in group B TK Dharma Wanita Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo. This research used pre-test and post-test design. The subject of this research were 23 students of group B. The dara were collacted by using documentation and analyzed by using Wilcoxon Match Pairs Test. Based on the obtained data analysis using Wilcoxon Match Pairs Test, it was found that observer T observer < T table (0<73) Null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis of this research “there is significant influence on the use fairy tales  to the ability of emphaty of group B students of Dharma Wanita Kindergarten  Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo” is accepted.

Keyword : Fairy tales, The ability of empathy.

Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh dongeng terhadap kemampuan empati anak kelompok B di TK Dharma Wanita Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian penelitian Pre Experimental Design yaitu dengan bentuk model One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dengan menggunakan uji tanda berjenjang wilcoxon diperoleh Thitung < T tabel (0<73), sehingga Ho ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan  dari penggunaan dongeng terhadap kemampuan empati anak kelompok B di TK Dharma Wanita Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo” telah terbukti

Kata kunci : Dongeng, Kemampuan empati

Published
2015-05-26
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 205