PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI BERMAIN FLASH CARD BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A
Abstract
Abstract: The purpose of this research was to improve ability ofgroup A students of Kemala Bhayangkari 87 kindergarten
Mojosari Mojokerto to recognize letters through pictured flash card.
The research used classroom action research with qualitative approach.
The data analysis was descriptive qualitative based on cycles.
The subjects of this research were 21 students of group A of
Kemala Bhayangkari 87 kindergarten Mojosari.
The results showed an increase in the ability recognize letters 90%.
Based on the evaluation of the first cycle and
second cycle it was found that the criteria of the success were achieved.
This shows that pictured flash card can improve ability of group A students of
Kemala Bhayangkari 87 Kindergarten Mojosari Mojokerto to recognize letters.
Keywords : Recognizing letters, Pictured flash card
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pada anak kelompok A dalam mengenal huruf di TK Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto melalui bermain flash card bergambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis berdasar siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelompok A TK Kemala Bhayangkari 87 Mojosari. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf 90%. Berdasarkan evaluasi dari siklus I dan siklus II maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Hal ini berarti bermain flash card bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 87 menjadi lebih baik.
Kata kunci : Mengenal huruf, Flash card bergambar.
PDF Downloads: 166