PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG DUPLEKS KOMUNIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B

  • Priska Anindita Titisari Putriningtyas
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstract : Research of group B in Putera Harapan Kindergarten Surabaya is motivated by the lack of speaking ability to children in expressing opinions and speak in the class. Of the 20 children, no one has been able to meet all the criteria. The goal is to investigate how much the media of puppets affect to the children’s speaking ability. In this research is using quantitative research methods with the research design of Quasi Experimental and using types of Nonequivalent control group design. In this research, each amount of 20 children from the experimental group and the control group. The method of the data accumulation is done by using observation and documentation of the sample. Data analysis technique is used in this research by using a non-parametric statistics and using the Mann Whitney U-Test with the formula U count < U list.

Based on calculations Mann Whitney U-Test showing that U count <U list is 100.5 <127 with error level α = 0.05 with n = 20, so that Ho rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that the media of  puppets duplex communication affects to speaking ability of group B in Putera Harapan Kindergarten Surabaya.

Keywords : The media of puppets duplex communication, Speaking ability, Group B.

Abstrak : Penelitian pada kelompok B di TK Putera Harapan Surabaya ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara anak dalam menyatakan pendapat dan berbicara di depan kelas. Dari 20 anak, belum ada yang dapat memenuhi semua kriteria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang dupleks komunikasi terhadap kemampuan berbicara anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dan menggunakan jenis Nonequivalent control group design. Pada penelitian ini masing-masing berjumlah 20 anak dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi terhadap sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametris  dengan menggunakan Uji Mann Whitney U-Test dengan rumus U hitung < U tabel.  Berdasarkan hasil perhitungan Uji Mann Whitney U-Test menunjukkan bahwa Uhitung < Utabel yaitu 100,5 < 127 dengan taraf kesalahan α= 0,05 dengan n= 20, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media wayang dupleks komunikasi berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Putera Harapan Surabaya.

Kata kunci : Media wayang dupleks komunikasi, Kemampuan berbicara, Anak kelompok B.
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 41