PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A

  • Putri Catur Hasmiyani
  • Elisabeth Christiana

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the effect on the ability of the media to know the flannel board symbols A group of numbers in Rukun Lestari kindergarten Karang Pilang sub-district Surabaya. This study uses a quantitative type of pre-experimental design and the design of the study one group pretest-posttest design. Subjects research amount of 20 children. Based on the results obtained from the data Tcount = 0 is smaller than Ttable with significance level of 5% = 52 and the results of decision-making, namely: Ha accepted because Tcount<Ttable (0<52) and Ho is rejected because Tcount<Ttable (0<52). The conclusions of this study indicate that the flannel board media significantly influence the ability to know the symbol numbers in Group A Rukun Lestari kindergarten Karang Pilang Surabaya.

Keywords: Media flannel board, Symbol numbers


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A di TK Rukun Lestari kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis pre-experimental design dan desain penelitian one group pre test-post test design. Subyek penelitian berjumlah 20 anak. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh data Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf sifnifikan 5% = 52 dan hasil pengambilan keputusan yaitu: Ha diterima karena Thitung< Ttabel (0<52) dan Ho ditolak karena Thitung> Ttabel (0>52). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media papan flanel berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan Kelompok A di TK Rukun Lestari Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya.

Kata kunci: Media papan flanel, Lambang bilangan
Published
2015-05-29
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 562