PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B

  • Nuzulla Fiqqi Mahardini

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve the students science ability to observing, classifying, and communicating. This research using quantity research with research design of Quasi Experimental and using kind of Nonequivalent Control group Design. The subject of this research is group Bchildren  in RA Al Islam PranggangPlosoklaten District, District Kediri. Based on the result of the Mann Whitney U-Test calculation, is showed that the value of Ucount< Utable is 87,5<127 with fault phase α=0,05, with n=20, so the conclusions of this study are contextual learning effect on the ability of science children in group B in RA Al Islam Pranggang Plosoklaten Kebupaten District of Kediri.

Keywords: Contextual learning, Science skills


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains dalam mengamati, mengelompokkan, dan mengkomunikasikan pada anak kelompok B melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dan menggunakan jenis Nonequivalent control group design.Subyek penelitian ini adalah anak kelompok BRA Al Islam Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Mann Whitney U-Test menunjukkan bahwa U hitung < U tabel yaitu 87,5<127 dengan taraf  kesalahan α= 0,05 dengan n= 20, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual  berpengaruh terhadap kemampuan sains kelompok B di RA Al Islam Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri.

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Sains
Published
2015-05-29
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 86