PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA KAIN PERCA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BUANA SURABAYA

  • ZULAICHAH

Abstract

Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : bagaimanakah pengenalanwarna melalui media kain perca dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok A TK TunasBuana Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas anak dan guru dalampembelajaran melalui aktivitas pengenalan warna dengan media kain perca dan mengetahuitingkat pencapaian perkembangan kemampuan kreativitas anak kelompok A TK Tunas BuanaSurabaya. Manfaat pengenalan warna pada anak dapat memancing kepekaan terhadap penglihatan,meningkatkan daya pikir dan kreativitas anak.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputidua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berurutan yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1)perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi dikelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa aktivitaspengenalan warna melalui media kain perca untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anakpada siklus I sebesar 70 % dan siklus II hasil yang dicapai sebesar 90%. Perilaku yangditunjukkkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalammengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwapenerapan pengenalan warna melalui media kain perca dapat meningkatkan kemampuankreativitas anak kelompok A di TK Tunas Buana Surabaya.

Kata Kunci : pengenalan warna, kain perca, kemampuan kreativitas

Abstract

In this study, the problems could be formulated as follows : how the activity of children inlearning activities using color recognition of patchwork media on group A at TK Tunas BuanaSurabaya. The purpose of this research was to describe children and teachers in learningactivities using color recognition of patchwork media on group A at Tk Tunas Buana Surabaya.And how the level of children creativity to achieve development on group A TK Tunas BuanaSurabaya. The advantage of color recognition through children was able to intervere sigh, toincrease though and children creativities.This research was utilizing classroom action research that included two cycles. Eachcycles performed in sequence which consists of four phases : 1) planning, 2) action, 3) observatin,and 4) reflection. The research data was taken through observatin in classroom. Based onresearch data analisis and discussion obtained results that the colours recognition activitiesthrough patchwork media to enhance children creativity in first cycles by 70% and second cyclesachieved by 90%. Children behaviours changed after being given action active. It could beconcluded that the application of color recognition through patchwork media able to enhancechildren’s creativity at TK Tunas Buana Surabaya.

Keywords : color recognition, patchwork, creativity

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 299