MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA BUKU CERITA PADA ANAK KELOMPOK B

  • Siti Chusnaini
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstract: The goal of media use storybooks in this research is to improve the language skills of children in group B. The researchers used a class action research consisting of two cycles each covering planning, action, observation, and and reflection. Subjects in this study were of children in group B Kuncup Mekar kindergarten Surabaya consisting of 20 children. data collection techniques used observation and documentation, while data analysis using descriptive statistical techniques.. The results of the study in the second cycle obtained proficiency increased by 85%. From these results it can be concluded that the method books have a positive impact in improving the language skills of kindergarten children.

Keywords: Media, Story Books, Proficiency

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK B Kuncup Mekar Surabaya yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh  kemampuan berbahasa mengalami peningkatan  sebesar 85%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode buku cerita memiliki dampak positif dalam peningkatan kemampuan berbahasa anak TK.

Kata Kunci: Media, Buku Cerita, Kemampuan Berbahasa.
Published
2015-05-29
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 122