PENGARUH PENGGUNAAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK

  • Andiatul Aminah
  • Siti Mahmudah

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to know the effect of using number rood toward the ability to recognize concept of numbers for students in the level A of TK Bimasakti Kedinding Surabaya. The research design of this research is using Quasy Experimental Design with type Nonequivalent Control Group Design. The sample of this research is 20 childrens. The result of the research was U count ≤ U table (5≤ 114), which means Ha was approved, and Ho was denied. There for, the hypothesis states that the use of number rood has effect toward ability to recognize concept of numbers on students in the level A of TK Bimasakti Kedinding Surabaya.

Keywords: Number rood, Ability to recognize concept of number.


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan balok angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Bimasakti Kedinding Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Quasy Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uhitung ≤ Utabel (5≤ 114), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesisnya menyatakan ada pengaruh penggunaan balok angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Bimasakti Kedinding Surabaya.

Kata kunci: Balok angka, Kemampuan mengenal konsep bilangan.

Published
2015-05-29
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 88