PENGARUH MEDIA DADU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF PADA TK KELOMPOK A

  • Ajeng Lucia Kartikaningrum
  • Muhammad Reza

Abstract

Abstract : The purpose of this study was to determine the effect of media dice letter to letter recognition ability in group A in kindergarten Dharmawanita Unity Magersari Sidoarjo. This study used a quasi experimental research design types Nonequivalent Control Group Design. Subjects who used children in group A with a number of 21 children. Data collection methods used were observation and documentation with data analysis techniques using the Mann-Whitney U test (U test) and Wilcoxon test marked level. Mann-Whitney U test and Wilcoxon sign test helper table obtained tcount ttable ≥ ≥ 2.704 or 7.4396, and thitung <ttabel (0 <59), so that Ho is rejected and Ha accepted. Thus, the research hypothesis that reads "medium dice letter to letter recognition ability in kindergarten In Group A Dharma Wanita Kab.  Sidoarjo" has been proven.

Keywords : Dice media commotion, Introduction letter.


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media dadu huruf terhadap kemampuan pengenalan huruf pada kelompok A  di TK DharmaWanita Persatuan Kab. Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek yang digunakan adalah anak kelompok A dengan jumlah 21 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data mengunakan Mann-Whitney U test (Uji U) dan uji jenjang bertanda wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan Mann-whitney U  test dan tabel penolong uji tanda wilcoxon diperoleh thitung ≥ ttabel atau 7,4396 ≥ 2,704, dan Thitung< Ttabel (0<59), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “media dadu huruf terhadap kemampuan pengenalan huruf Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Kab.  Sidoarjo” telah terbukti.

Kata kunci : Media dadu huruf, Pengenalan huruf.
Published
2015-05-29
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 46