PERAN PEMBELAJARAN TARI MELALUI RANGSANG AUDITIF DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI TK LABORATORIUM PG- PAUD FIP UNESA SURABAYA

  • AINUR ROHMATUL HAFIDA

Abstract

TK Laboratorium PG-PAUD FIP Unesa Surabaya ini memiliki pembelajaran cukup baik. Namun terkadang suatu hambatan masih dialami oleh para pendidik terutama dalam pelajaran tari, peneliti dan pendidik berinisiatif memberi rangsang auditif dalam proses belajar mengajar untuk mengkondusifkan kelas. selain itu juga untuk mengembangkan keterampilan fisik motorik kasar anak.Seni tari perlu diberikan kepada anak sejak dini, karena dengan kegiatan menari banyak manfaat yang bisa ditemukan, seperti: melatih motorik dan bakat, rasa estetis, apresiatif, kegembiraan, keberanian, minat, percaya diri, kerjasama, nasionalis, toleransi.Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, manfaat yang diperoleh anak salah satunya melatih motorik dan bakat serta anak merasa gembira, selain itu keterampilan fisik motorik anak dapat berkembang dengan baik melalui ekspresi gerakan kepala, tangan, kaki sesuai irama yang didengar.Untuk hasil yang maksimal, pembelajaran tari membutuhkan persiapan yang cukup matang, guru harus mampu menentukan atau memilih gerak yang bisa diterapkan dalam proses pengembangan fisik motorik anak sehingga diperoleh hasil yang diinginkan.

Kata kunci : pembelajaran tari, keterampilan fisik motorik kasar dan rangsang auditif

Abstract

TK Laboratorium PG-PAUD FIP Unesa Surabaya has pretty good learning. But sometimes, the barriers are still faced by educators, especially in dance lessons, the initiative gives researchers and educators auditory stimulation in learning process to conduct classes and also to develop gross motor physical skills children.Dancing should be given to children from early age, due to the activities of dancing have many benefits to be found, such as: motor coach and talent, aesthetic sense, appreciative, joy, courage, interest, confidence, cooperation, nationalist, tolerance.This study used descriptive qualitative data collection observation, interview and documentation. From the research, the benefits one child practice motor skills and talents as well as the children were happy, besides physical motor skills children could develop well through the expression of the movement of head, hands, feet to the beat was heard.For maximum results, learning dance requires mature enough preparation, the teacher must be able to determine or select the motion that could be applied in the development process so that the child's motor physically obtained results.

Keywords: dancing learning, gross motor skill and auditory stimulation.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 255