PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK

  • Novia Ermawati
  • Siti Mahmudah

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to determine of the influence of film animation using toward the learners of group B speaking development in RA Ar-Rohmah Mojokerto. This research used a experimental methods with quantitative research approach. Research design used Quasi-Exsperimental Design and Nonequivalent Control Group as the research design. The data collection method used was observation and documentation. The sampling technique used was non-random sampling with purposive sampling technique. While the data analysis technique used was Mann-Withney U-Test formula. The result showed that films influence the development of the child speaking.

Keywords: Animation films, Speaking development


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh film animasi terhadap perkembangan berbicara anak kelompok B di RA Ar-Rohmah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dan jenis penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah non random sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah rumus Mann-Withney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi berpengaruh terhadap perkembangan berbicara anak.

Kata kunci: Film animasi, Perkembangan berbicara
Published
2015-06-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 1655