MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA MANIK BOMBIK PADA KELOMPOK TK B

  • Siti Hajar Aida Nur Laila
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstract: The purpose of this study is knowing whether the use of manik bombik as media in teaching can improve the students' ability to recogniza the numerical concept and knowing the teacher's activity in implementing this media in the classroom. This research uses classroom action research (CAR) with repeating cycle as its approach. The subject of this research are 20 students who sits on the grade TK B3 at Preshool At-Taqwa.  In conclusion, the use of manik bombik as media in introducing numerical concept can improve the students’ beginning count ability at TK B3 Preschool At-Taqwa Wiyung Surabaya.

Key Words : Manik Bombik, Recognizing numerical concept


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media manik bombik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok TK B Preschool At-Taqwa dan untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan media manik bombik sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok TK B Preschool At-Taqwa Kecamatan Wiyung Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok TK B3 Preschool At–Taqwa yang berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media manik bombik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan  pada anak kelompok TK B3 Preschool At-Taqwa kecamatan Wiyung Surabaya.

Kata kunci : Manik bombik, Mengenal konsep bilangan
Published
2015-06-04
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 189