PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B

  • Susanti Susanti
  • Elisabeth Christiana

Abstract

Abstract : This research experiment the purpose of this study was to determine whether there effect of method demonstration against color recognition capabilities children before and after the treatment was given. This is the subject penelitihan 13 kindergarten children in group B1 Nurul's Women Hidaya Banyubang Solokuro Lamongan. Data analysis techniques used statistical analysis techniques using signif. Ladder Wilcoxon (wilcoxon match pairs test). Method data aggregation used was obsevastion and documentation. Based on the results of this study indicate that Ttabel which determines the (n, a), where n = number of samples and a = significant level of 5% so Ttabel obtained is 25. Knowing the number of points gained from Ttabel number 25 means Thitung <Ttabel (0 <25). With Accordingly it can be concluded that there is a method of demonstration effect on the ability of the introduction of color in early childhood and kindergarten groups Nurul Hidayah's Women Banyubang Solokuro Lamongan.

Keywords : Methods demonstration, Color recognition capabilities, Group B


Abstrak : Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan pengenalan warna anak sebelum dan setelah di beri perlakuan. Subyek  penelitian ini adalah 13 anak kelompok B1 TK  Muslimat Nurul Hidaya Banyubang Solokuro Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis statistik yang menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ttabel yaitu menentukan (n,a), dimana n = jumlah sampel dan a = taraf signifikan 5% sehingga Ttabel yang diperoleh  yaitu 25. Mengetahui jumlah angka yang diperoleh dari Ttabel berjumlah 25 berarti Thitung < Ttabel (0<25). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi  terhadap kemampuan pengenalan  warna  pada anak usia dini kelompok B di TK Muslimat Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan.

Kata kunci : Metode demonstrasi, Kemampuan mengenal warna, Kelompok B
Published
2015-06-17
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 50