MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN SAINS MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALON AJAIB PADA ANAK KELOMPOK B

  • Mufarida Mufarida
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to find an increase in the ability of science to children through the introduction of balloon magic play. The subjects were children in group B in TK Al Andalus Puri Mojokerto which amounts to 16 children. Data collection methods in this study using observation and documentation. Based on the data analysis result that through the implementation of activities play a magical balloons can be seen the results of a comparison between the percentage of success of the first cycle and the second cycle is equal to 73% and 93%, it can be said to be successful. It can be concluded that through play activities magical balloons can improve the ability of science introduction kindergarten children in group B in Al Andalus Puri Mojokerto.

Keyword : Recognition capabilities of science, Magic balloon play activities.


Abstrak : Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pengenalan sains pada anak melalui bermain balon ajaib. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK AlĀ  Andalus Puri Mojokerto yang berjumlah 16 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa melalui penerapan kegiatan bermain balon ajaib dapat diketahui hasil perbandingan prosentase keberhasilan antara siklus I dan siklus II yaitu sebesar 73% dan 93% maka dapat dikatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain balon ajaib dapat meningkatkan kemampuan pengenalan sains anak kelompok B di TK Al Andalus Puri Mojokerto.

Kata Kunci : Kemampuan pengenalan sains, Kegiatan bermain balon ajaib.
Published
2015-06-17
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 30