PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B

  • Isnariskina Kamilah Hakim
  • Siti Mahmudah

Abstract

Abstract : This quantitative research aims to determine the method of storytelling is there any influence on the ability to listen to children in group B in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya. Samples were children in group B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya, amounting to 20 children. This research data collection method using a method of observation and documentation. Data analysis techniques in accordance with this research that using Mann-Whitney U-Test. The results of research to pre-test control group of 144, while the results of post test control group of 175. In the experimental group pre-test score of 151 and 217. The inference value of post test research that there is a significant relationship between listening skills of children before and after the application of the method of storytelling is given to children.

Keywords : Attentive listening skill, telling story method.


Abstrak : Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang sesuai dengan penelitian ini yaitu  menggunakan uji Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian untuk pre test kelompok kontrol sebesar 144 sedangkan hasil post test kelompok kontrol sebesar 175. Pada kelompok eksperimen nilai pre test sebesar 151 dan nilai post test 217. Simpulan penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita diberikan kepada anak.

Kata kunci : Kemampuan Menyimak, Metode Bercerita.

Published
2015-06-17
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 24