PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A

  • Nur Oniyah Setiya Diyanti
  • Siti Mahmudah

Abstract

Abstract : This qualitative research aimed to examine more the application of character education responsibilities on A group children. The subject was component of education at TK Mutiara Aji with respondent’s helping chosen by using purposive sampling that is the principal, 2 teachers of group A, and 5 parents of group A. The data collection technique used observation, interview, and documentation. The technique of analysis data used analysis data of Miles and Huberman model. The result showed that the application of character education in the schools ran good enough and managed. It was caused by the component of character education at TK Mutiara Aji ran well.

Keywords : The application of character education, Responsibility


Abstrak : Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam penerapan pendidikan karakter tanggung jawab pada anak kelompok A. Subjek penelitian adalah komponen pendidikan yang ada di TK Mutiara Aji dengan bantuan responden yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling yaitu kepala sekolah, 2 orang guru kelompok A, dan 5 orang tua murid kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter di sekolah berjalan cukup baik dan berhasil. Hal itu dikarenakan komponen pendidikan yang ada di TK Mutiara Aji berjalan dengan baik.

Kata kunci : Penerapan pendidikan karakter, Tanggung jawab
Published
2015-06-23
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 32