PEMAHAMAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN DI TK KELOMPOK A (STUDI DESKRIPTIF)

  • Faizatul Afirianti Agustina
  • Sri Widayati

Abstract

Abstract: This qualitative research purposed to describe about Teacher’s Understanding of  Learning The  Concept of Numbers in kindergarten for group A in Mojosari District Mojokerto Regency. Researcher conducted this study for teachers in 6 kindergarten with purposive sampling. Data collection technique  used ware interviews, observation dan documentation, and used data analysis technique such as data reduction, data display, and verification. The results of research is shows that teacher’s understanding of learning the concept of number from 6 kindergarten in Mojosari District Mojokerto Regency are less. Because only teacher from 2 kindergarten that can knowing the step of concept of number and apply to learning activities.

Keyword: Concept of Number, Understanding, Teachers.

 

Abstrak: Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemahaman guru terhadap pembelajaran konsep bilangan di TK untuk anak kelompok A se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Peneliti melakukan penelitian pada pendidik di 6 Taman Kanak-Kanak yang didapatkan dengan sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap pembelajaran konsep bilangan dari 6 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto masih kurang. Karena hanya guru dari 2 TK yang mampu memahami tahapan anak mengenal konsep bilangan dan menerapkannya pada kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Konsep Bilangan, Pemahaman, Pendidik.
Published
2015-07-01
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 105